Mantapkan Hati dan Tujuan dengan 7 Tips Taaruf Sesuai Syariat Agama Islam

Pencarian informasi seputar tips taaruf sesuai syariat agama Islam yang semakin meningkat membuktikan bahwa metode tersebut tak lagi dianggap ketinggalan zaman. Di sisi lain, Anda tetap harus memperhatikan aturan, syarat, dan ketentuan yang berlaku. Jangan sampai Anda ikut taaruf hanya karena tren belaka.

Secara umum, taaruf merupakan proses perkenalan antara laki-laki dengan perempuan memakai perantara. Beda dari pacaran, Anda dan sang calon tak boleh pergi berduaan atau melakukan hal-hal yang mengandung kontak fisik. Oleh karena itu, sebelum menjalankan taaruf, mantapkan dulu diri Anda dengan tujuh langkah berikut ini!

  1. Tuntaskan dulu masa lalu Anda

Salah satu kesalahan yang masih sering dilakukan sebagian orang adalah menggunakan taaruf sebagai pelarian dari rasa sakit hatinya. Dalam tips taaruf sesuai syariat agama Islam, Anda harus move on sepenuhnya dari masa lalu sebelum memulai lembaran baru. Pasalnya, menyambut orang baru dengan pikiran yang masih tertambat pada sang mantan akan membuat taaruf tak berjalan lancar. Jadi, ambil waktu untuk kosongkan hati agar Anda siap lahir dan batin.

  1. Luruskan niat menuju gerbang pernikahan

Selain dari hati, kemantapan juga harus datang dari niat Anda. Beberapa orang memanfaatkan taaruf sebagai pacaran syariah, padahal keduanya jelas merupakan hal berbeda. Maka pada tips taaruf sesuai syariat agama Islam kali ini, pastikan Anda sudah meluruskan niat, yakni untuk membangun biduk rumah tangga dengan pasangan sah. Kalau niatnya sudah tepat, proses yang Anda lewati dalam taaruf pun bisa dipastikan aman.

  1. Perkaya ilmu seputar pra-nikah dan pernikahan

Resepsi di tempat mahal hanyalah ‘pembuka’ fase pernikahan. Anda dan pasangan justru baru akan menghadapi makna yang sesungguhnya selepas hari tersebut. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal-hal buruk atau tak terduga, perkaya ilmu seputar pra-nikah maupun pernikahan selama menjajaki proses taaruf. Caranya bisa dengan membaca buku, mengunjungi seminar, atau berdiskusi bersama teman dan keluarga.

  1. Mengasah skill dasar untuk rumah tangga

Tips taaruf sesuai syariat agama Islam selanjutnya adalah mengasah skill yang akan membantu Anda saat berumah tangga. Misalnya saja memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian dan alat makan, menyetrika, hingga memasang gas. Baik laki-laki dan perempuan sebaiknya menguasai satu atau dua skill untuk bertahan hidup. Dengan begitu, saat salah satunya sakit atau sedang bepergian jauh, rumah tetap rapi dan terurus.

  1. Diskusikan kesiapan menikah dengan orangtua

Seperti yang disinggung, keterlibatan orang tua selama taaruf turut mempengaruhi kemantapan Anda sebelum menikah. Tanyakan pendapat mereka seputar pernikahan yang diawali dari taaruf. Jangan sungkan juga mendiskusikan kriteria pasangan yang ingin Anda nikahi. Tips taaruf sesuai syariat agama Islam ini setidaknya akan menghindari kesalahpahaman dari kedua belah pihak, terutama bila Anda memulainya tanpa izin.

  1. Menentukan visi dan misi pernikahan

Ya, visi dan misi tak hanya berlaku pada perusahaan, pernikahan juga sebaiknya mempunyai pandangan jelas dari masing-masing pihak. Kurang cocoknya visi dan misi sering kali menjadi faktor penyebab perpisahan suami-istri. Namun, Anda dapat menekan kemungkinan tersebut dengan mendiskusikannya bersama calon pasangan. Jadi, Anda dapat memastikan kalau sang calon memang pasangan yang dicari atau bukan.

  1. Siapkan mental saat taaruf tak berjalan mulus

Mengikuti taaruf tak menjamin Anda akan mendapatkan pasangan yang cocok. Kenyataannya, banyak orang yang gagal meski telah mengikuti tips taaruf sesuai syariat agama Islam. Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan mental sejak dini untuk menghadapi kemungkinan yang tak diinginkan. Ketidakcoccokan adalah hal lumrah, sehingga Anda tak perlu lama-lama bersedih. Yakinkan diri bahwa Anda akan bertemu jodoh yang disiapkan Allah Swt.

Selain memperhatikan langkah-langkah di atas, mantapkan juga keinginan Anda untuk taaruf lewat doa dan ibadah. Mintalah kepada Allah Swt. supaya Anda mendapatkan pasangan yang sesuai kriteria. Jangan lupa untuk memilih jalur yang sesuai untuk mengaplikasikan tips taaruf sesuai syariat agama Islam begitu Anda mantap. Entah dikenalkan lewat teman, mengikuti pengajian, atau mendaftarkan diri secara online di website.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *